Langsung ke konten utama

Ulasan novel Devil and Miss Prym karya Paulo Coelho

Sumber: https://www.juggernaut.in/books/the-devil-and-miss-prym

Ulasan novel Devil and Miss Prym karya Paulo Coelho

Judul : Devil and miss Prym
Penulis : Paulo Coelho
Tahun : 2000

Sinopsi

Apa yang akan kau lakukan ketika mengetahui bahwa kejatahan telah masuk bersamaan dengan godaan yang besar ke dalam kehidupanmu? Mampukah kau menahan godaan itu? Devil and Miss Prym adalah sebuah novel yang bercerita tentang bagaimana Chattal Prym, seorang gadis muda yang berasal dari desa mencoba untuk melawan kejahatan yang mempengaruhi dirinya dan menahan godaan yang ada di depan matanya. 

Suatu ketika ada orang asing yang datang ke sebuah desa terpencil bernama Viscot, desa tersebut dikenal sebagai desa tempat dimana para pemburu menghabiskan waktu mereka saat musim berburu tiba dan para pelancong menghabiskan masa liburan meraka di surga dunia itu, namun orang asing tersebut datang tidak pada saat musim berburu atau masa liburan dan ia datang dengan membawa sebuah godaan dan niat jahat. Tidak ada orang mengetahui semua itu kecuali seorang wanita tua melihatnnya datang dan menginap di hotel, ia berkata kepada dirinya bahwa apa yang suaminya katakan selama ini benar, dan hanya dia yang mengetahui godaan dan niat jahat yang datang bersama orang asing tersebut. Namun tidak berlangsung lama hingga orang asing itu menemui Chattal Prym secara tidak sengaja dan membeberkan semua rencannya, orang asing itu menunjukan kepada Chattal Prym sebelas batang emas, dan berkata emas situ bisa menjadi milik penduduk desa, hanya jika Chattal Prym mau memberitahukan penduduk desa untuk melakukan pembunuhan, atau Chattal Prym bisa mengambil satu batang emas yang ia sembunyikan secara terpisah dan tidak pernah membeberkan rencana itu sama sekali.

Ulasan

Novel ini adalah bagian ketiga dari trilogi novel oleh Paulo Coelho, novel pertamanya adalah By the River of Piedra I Sat Down and Wept, diikuti dengan Veronica Decide to Die. Jika pada novel pertamanya bercerita tentang cinta, novel kedua bercerita tentang kehidupan maka pada novel ketiga ini penulis mencoba menghadirkan bagaimana kita menghadapi godaan dari kekuatan, dalam hal ini digambarkan dalam bentuk harta karun. Seperti pada novel-novelnya yang lain, pada novel ini Paulo Coelho membagi novelnya menjadi beberapa bagian kecil, ia juga tidak memberikan judul atau angka pada tiap bagiannya, hal ini membuat pembaca akan lebih mudah mengikuti cerita ketimbang membaca novel yang dibagi menjadi beberapa bab saja, karena untuk mengetahui isi cerita biasanya kita harus membaca keseluruhan isi bab.

Selain pada karakter Chattal Prym sebagai karakter utama, novel ini juga berfokus pada penceritaan tokoh orang asing, disebutkan namanya adalah Charlos, meskipun itu bukanlah nama aslinya dan ia mengaku bahwa itu adalah nama palsu juga semua informasi mengenai identitasnya yang ia cantumkan dalam buku tamu hotel. Karakter Charlos diceritakan sebagai seorang pria dewasa dengan latar belakang misterius, namun seiring berjalannya waktu ia akhirnya membongkar sendiri mengenai latar belakangnya, ia mengaku dulu bekerja sebagai pegawai di salah satu perusahaan penghasil senjata api, dan suatu hari ia menerima telpon teror yang berakhir dengan kematian keluarganya, setelah itu ia tenggelam dalam kedukaannya dan mempunyai kepercayaan bahwa pada dasarnya semua orang memiliki rasa kejahatan. Hal ini menjadi jelas kenapa ia ingin dikatakan membawa kejahatan yang besar, dan sebenarnya hal yang ia lakukan terhadap Chattal Prym dan para penduduk Viscot adalah sebuah usaha pembenaran diri atas idealismenya yang menyatakan bahwa semua orang pada dasarnya memiliki rasa kejahatan.

Hal ini menjadi menarik, mengingat tidak sedikit kejadi serupa yang terjadi di dunia nyata, bagaimana kejadian masa lalu tidak hanya mempengaruhi bahkan dalam banyak kasus membentuk identitas dan kepercayaan diri seseorang, begitu juga dalam tiap tindakan yang diambilnya. Juga tidak sedikit literatur yang menceritakan bagaimana seorang penjahat dalam sebuat cerita sebenarnya adalah korban dari sebuah cerita lain yang mungkin belum diceritakan, atau terjadi sebelum cerita tersebut terjadi. Disini penulis mencoba kembali mengingatkan manusia akan realitas yang terjadi di dunia dengan memberikan contoh dalam bentuk cerita bagaimana sebuah kejadian di masa lalu atau trauma masa lalu dapat berdampak bersar terhadap tindakan di masa mendatang, dan bagaimana kita menghadapinya.

Selain itu karakter lain yang menarik perhatian adalah wanita tua yang pertama kali melihat kedatangan orang asing ke Viscot, yaitu si tua Berta. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang terjadi dengan Carlos ata si orang asing, si tua Berta juga mengalami trauma masa lalu. Diceritakan ia adalah salah satu penduduk tertua di Viscot dan ia sudah tinggal disana selama bertahun-tahun, dahulu ia tinggal bersama suaminya, sampai pada suatu hari terjadi kecelakaan, suaminya yang bekerja sebagai pemandu untuk para pemburu secara tidak sengaja tertembaK dan meregang nyawa oleh salah satu pemburu. Kemudian dia mengahabiskan sisa hidupnya dengan duduk di depan rumahnya pada sebuah bangku dan memandangi Viscot sepanjang hari.

Seperti yang dikatakan sebelumnya mengenai trauma dan kejadian masa lalu yang berpengaruh pada diri seseorang, hal ini juga berpengaruh bersar terhadap hidup Berta. Ia menghabiskan waktunya hanya duduk memandangi Viscot sepanjang hari dan meyakini bahwa arwah suaminya selalu berada disampingnya dikala ia duduk disana. Satu-satunya hal yang berbeda diantara Berta dan Carlos adalah bahwa Carlos sadar ia memiliki kekuatan untuk bangkit dan melakukan pencarian, melakukan pencarian untuk pembenaran dari idealismenya mengenai bagaimana manusia yang secara alami memiliki kejahatan dalam dirinya, sedangkan Berta tidak memiliki kekuatan sama sekali, sehingga hanya bisa duduk dan terjebak dalam masa lalunya, karena ia selalau berkeyakinan bahwa suaminya masih ada di dunia dan selalu berada disampingnya, bahkan setelah ia mati.

Novel ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai kisah-kisah sarat denga misteri  dan kejutan, juga bagi mereka yang menyukai kisah-kisah modern dengan permasalahan yang tidak terlalu jauh dengan apa yang terjadi di sekitar lingkungan kehidupan pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen: Hasrat

Sesungguhnya manusia adalah mahluk paling tidak sempurna, bohong bila manusia dikatakan adalah mahluk yang paling sempurna, karena nyatanya banyak dari mereka yang sering merasa kekurangan dan terus meminta untuk lebih dan lebih, namun dengan penuh rasa kesombongan mereka mampu menyebut diri mereka sebagai mahluk paling sempurna. Bahkan di masa awal peradaban, nenek moyang dan para leluhur mereka berani menyebut diri sebagai homo sapiens sapiens atau manusia yang bijaksana, karena mereka merasa kurang puas hanya dengan menyebut diri mereka sebagai homo sapiens, yang sebenarnya juga merupakan nama pemberian mereka sendiri. Bahkan dalam peradaban yang bisa dibilang paling maju sekarang, dengan penemuan paling mutakhir, tidak pernah ada kesempurnaan setidaknya serperti yang diinginkan mahluk yang memenuhi muka bumi ini, segalanya selalu saja tidak pernah cukup, tidak pernah sempuna, selalu ada celah untuk mencari ketidak sempurnan itu.  -  malam itu gelap gulita, keheningan

Ulasan Novel Terusir Karya Buya Hamka

Ulasan mengenai novel terusir Judul Novel Terusir Penulis Buya Hamka Sinopsis Bercerita tentang perjalanan hidup Mariah, seorang wanita dari kalangan biasa yang terusir kehadirannya dari hidup Azhar suaminya dan Sofyan putra mereka. Ia kemudian terpaksa melanjutkan kehidupannya tanpa arah dan tujuan, sendirian di jalanan tanpa tempat untuk kembali, karena kedua orang tua Mariah telah meninggal, dan ia tidak memiliki sanak saudara. Diujung hidupnya yang penuh ketidak pastian dan penderitaan, satu-satunya hal yang dapat membuatnya bertahan adalah cintanya terhadap Sofyan putranya, bahkan setelah ia jatuh kedalam palung kehinaan paling dalam di hidupnya ia masih bertahan, dengan pengharapan kelak ia dapat bertemu dan mencurahkan rasa cintanya kepada Sofyan. Ulasan Terusir adalah sebuah novel yang bercerita tentang cinta, romansa kehidupan, dan permasalahan pelik yang menimpa sebuah rumah tangga yang hadir diakibatkan oleh sifat iri dan dengki, juga sebuah penggambaran secara nya

Cerpen: Persoalan Minta Minta

"Allahhu akbar.... Allahhu akbar....." dengan merdu Azan dilantunkan sang muazin, sebuah masterpiece, lantunan syair yang digumamkan tanpa alunan musik hanya bermodalkan pita suara, lebih merdu dibandingkan musik Mozart. Merdu, lantaran hanya mereka calon penghuni surgalah yang mampu menikmatinya -bukankah semakin sedikit penikmatnya semakin tinggi nilai hal tersebut- dan membuat mereka mampu melangkahkan kaki, melepaskan diri dari belenggu duniawi dengan segala gegap gempitanya. Sebuah panggilan akan deklarasi lemahnya sekaligus kuatnya seseorang yang menghamba kepada Allah. Lemah karena mereka tau bahwa mereka selalu hidup dalam ketergantungan, kuat karena mereka mampu memecah rantai belenggu dunia meski hanya sepersekian menit. Otong bergegas, berlari tunggang langgang menujur kamar dan segera berhadapan dengan almarinya. Digantinya pakaian main dengan kain sarung, songkok hitam dan baju koko putih, serta menjambret sajadah. Siap sedia dengan shalat